Friday, September 07, 2018

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan


Ikan sering disebut sebagai makanan kecerdasan karena  merupakan salah satu produk pangan sumber protein hewani tinggi dan mengandung asam lemak tak jenuh omega-3 yang mampu meningkatkan kecerdasan serta menjadikan tubuh sehat dan kuat.  Protein ikan mengandung asam amino, terutama kaya akan lysin dan treonine yang berkualitas tinggi, tidak mudah rusak oleh pemanasan sehingga absorpsi protein pada ikan lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi, ayam, dan lainnya, serta rendah kolesterol.  Ikan juga dibutuhkan untuk meningkatkan pembentukan sel-sel otak (kecerdasan) pada anak, mencegah penyakit jantung koroner dan gondok, menghilangkan kekakuan pada persendian tulang, mempertajam retina mata (penglihatan) serta mencegah premature aging. Artinya, sumber gizi dari ikan merupakan modal dasar bagi kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan sehat.
Dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat Indonesia, minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan. Disamping itu, meningkatnya harga kebutuhan pangan dunia khususnya pangan hewani daging dan ayam dibandingkan harga ikan merupakan salah satu faktor yang diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.  Dalam jangka panjang, ikan diharapkan menjadi salah satu sumber kebutuhan pokok dalam pola konsumsi masyarakat Indonesa.  Melalui peningkatan konsumsi ikan, maka selain berpengaruh tehadap peningkatan kualitas SDM Indonesia, secara langsung juga akan meningkatkan pemanfaatan potensi ekonomi pasar dalam negeri serta peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan.    
Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat antara lain adalah image tentang produk perikanan masih kurang baik dimata konsumen. Hal ini terkait dengan berbagai mitos yang ada serta dikaitkan dengan masalah kesehatan (misalnya alergi dan cacingan).  Upaya peningkatan konsumsi ikan tidak dapat dilakukan secara parsial dan sporadik akan tetapi memerlukan suatu langkah gerakan nasional yang berkesinambungan. Upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan dilakukan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) yang dapat dimaknai sebagai ajakan sekaligus himbauan dari pemerintah kepada masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan perkapita. Dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan selain dilaksanakan melalui penyediaan produk yang berkualitas, menjaga kestabilan pasokan, rehabilitasi sarana dan prasarana pemasaran serta pembenahan jalur distribusi, juga diperlukan stimulus atau dukungan untuk mengajak seluruh komponen masyarakat dan pelaku pasar untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dengan jumlah yang memadai. Dengan demikian program GEMARIKAN harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan dilaksanakan secara berkelanjutan dan terintegrasi sehingga menjadi sangat strategis kedudukannya dalam meningkatkan dan mengembangkan produksi serta bisnis perikanan. Target dari peserta Kampanye GEMARIKAN adalah semua generasi mulai dari anak-anak untuk meningkatkan pehaman dan minat mereka terhadap produk perikanan, ibu rumah tangga sebagai penentu menu sehari – hari dalam keluarga, ibu hamil dan menyusui dalam rangka menyiapkan generasi muda yang sehat dan cerdas serta para manula agar masih dapat beraktifitas dan berkarya dengan badan yang sehat.
Menilik hal tersebut, pengembangan GEMARIKAN tidak hanya merupakan tugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai instansi teknis yang membawahi perikanan namun juga tugas bersama karena dengan meningkatnya tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia akan turut mendukung pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas, meningkatkan permintaan akan produk perikanan sehingga berdampak pada peningkatan taraf hidup pelaku usaha di bidang perikanan serta bisnis terkait lainnya.  Tujuan dari kegiatan GEMARIKAN antara lain adalah  :
-          Meningkatkan awareness masyarakat terhadap ikan terutama ditinjau dari manfaatnya bagi kesehatan, kekuatan dan kecerdasan sehingga merubah image atau mitos buruk tentang produk perikanan;
-          Memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan serta ptoduk – ptoduk olahan ikan kepada masyarakat luas;
-          Mendorong peningkatan permintaan produk perikanan yang berdampak pada peningkatan produksi perikanan serta usaha/bisnis perikanan di dalam negeri;

-          Mengembangkan promosi produk perikanan bagi penguatan image masyarakat konsumen dan meningkatkan konsumsi ikan secara berkelanjutan melalui event – event pameran;
-          Meningkatkan peluang pasar produk ikan dalam negeri bagi kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, pembudidaya, dan pengolah hasil perikanan;
-          Mewujudkan koordinasi dan integrasi program serta meningkatkan peran aktif para stakeholders perikanan untuk mewujudkan peningkatan konsumsi ikan masyarakat Indonesia. 

No comments:

Post a Comment